Deskripsi Umum Sistem use case toko sepatu
Fitur Utama Perangkat Lunak, Diagram Use Case,
DiagramCollaboration, Diagram Sequence dan Diagram Kelas
Keterangan:
1.Input : Kasir dapat langsung masuk ke system tanpa
melakukan authentifikasi untuk bisa langsung melakukan pengaksesan dan pengelolaan
data berupa Insert, Update, dan Delete pada pengelolaan data. Kemudian pada
data transaksi kasir menginput jumlah
sepatu yang dibeli dan mengisi field dibayar. Lalu pada laporan berdasarkan tanggal kasir menginput
tanggal penjualan yang hendak di
tampilkan.
2.Output : kasir
memperoleh informasi dari Pengelolaan data, Transaksi Pembelian, dan Laporan.
Serta kasir dapat mengetahui informasi data - data tersebut secara keseluruhan.
Aktivitas Kasir : Memproses
Transaksi Pembelian, Pengelolaan Datasepatu,laporandan dapat melihat penggunaan
melalui pilihan bantuan.Jika Kasir baru pertama kali menggunakan Aplikasi ini maka kami sarankan
untuk membaca tutorial penggunaan terlebih dahulu. Setelah itu kasir dapat melakukan Proses pengelolaan data
terlebih dahulu yaitu memasukkan Informasi sepatu yang ingin dijualnya. Setelah
itu kasir bisa melakukan Transaksi terhadap daftar sepatu tadi, sekaligus dapat
menampilkan laporan
Diagram usecase
Scenario Use Case
Skenario use case SistemInformasiPenjualan
Sepatudimanaaktor
yangmemakaisisteminiadalah kasir, dan aktifitas yang
dilakukan adalah
menangani persediaan sepatu, menangani pembayaran,
dan menangani
laporan.
1. Use Case Pengelolaan Data
Aktor : Kasir
KondisiAwal : Form pengelolaan datamasihkosong
KondisiAkhir : sistem menyimpan data sepatukedalam
database
persediaan, lalumenampilkandata pada tabel “data barang”.
Skenario : Jika kasir ingin meng-Insert data baru,
kasir cukup mengisi field yang tersedia pada form pengelolaan data yang terdiri
dari Kode, Merk, Warna, Ukuran, Jumlah, Harga lalu menekan tombol “Insert”,
jika kasir ingin memperbaharui data maka kasir cukup memilih data yang akan di
perbaharui pada table “data barang” lalu merubah Informasi data yang diinginkan
setelah itu tekan tombol “Update” , tombol “Delete” digunakan untuk menghapus
data yang telah ada di database dengan memilih data yang ingin dihapus.
2. Use CaseTransaksi Pembelian
Aktor : Kasir.
KondisiAwal : Field Jumlah masih kosong
KondisiAkhir : Tombol “Struk Pembayaran” dan
“Transaksi Baru” bisa di tekan, tombol “Hapus” dan “Tambah Pembelian” tidak bisa
ditekan lagi, dan jika ada uang kembalian maka akan ditampilkan di field kembali.
Skenario : Kasir memilih sepatu apasaja yang dibeli
pada table “Daftar Sepatu” dan memasukkan jumlah sepatu yang dibeli, setelah
itu kasir menekan tombol “Tambah Pembelian” dan jika data yang sudah ditambah
tadi sudah pasti dibeli, maka kasir harus mengisi total Uang yang diberikan
pelanggan pada Field “Dibayar”, lalu kasir harus menekan “Hitung Pembelian”,
setelah menekan tombol tersebut maka tombol “Struk Pembayaran” dan “Transaksi
Baru” bisa di tekan, sedangkan tombol “Hapus” dan “Tambah Pembelian” tidak bisa
ditekan lagi untuk menghindari kesalahan.
3. Use Case Laporan
Aktor : Kasir
Kondisiawal : Belum ada laporan yang tampil
Kondisiakhir : Laporan berhasil tampil berdasarkan
menu yang dipilih
Skenario : Kasir memilih untuk menampilkan laporan Data/stock
Sepatu, Data Penjualan Berdasarkan Tanggal, atau Data Penjualan Sepatu. Jika
kasir memilih laporan Data/stock Sepatu, maka program akan mengambil data dari
database “Sepatu” dan menampilkan semuanya dengan lengkap, jika kasir memilih
untuk menampilkan laporan Data Penjualan Berdasarkan Tanggal, maka kasir akan diminta
untuk memasukkan tanggal yang ingin ditampilkan, tetapi jika kasir memilih
untuk menampilkan laporan maka program akan menampilkan semua data penjualan.
4. Use Case Bantuan
Aktor : Kasir
Kondisi Awal : File bantuan belum tampil
Kondisi Akhir : File Help.chm telah tampil
Skenario : Kasir menekan tombol “Bantuan” untuk menampilkan
bantuan atau tutorial.
Collaboration Diagram
Collaboration Pengelolaan Data
CollaborationTransaksi Pembelian
Gambar
3.4Collaboration Transaksi Pembelian, menggambarkan apa yang terjadi disaat
Kasir
melakukan
Transaksi Pembelian
Collaboration Laporan
Gambar
3.5Collaboration Laporan, menjelaskan Controller dan database apa yang
terkait disaat
Kasir
memilih untuk menampilkan Laporan
Collaboration Bantuan
Gambar
3.6 Collaboration Bantuan, menjelaskan Controllerdan file apa yang
terkait dengan
Usecase
bantuan.
Sequence Diagram
Sequence Diagram Transaksi Pembelian
Gambar
3.7 Sequence Diagram Transaksi Pembelian, menjelaskan alur yang terjadi disaat
Kasir
melakukan
Transaksi Pembelian.
Sequence Diagram Pengelolaan Data
Gambar
3.8Sequence Diagram Pengelolaan Data, menjelaskan Controller, database,
dan alur jika
terjadi
Usecase Pengelolaan Data
Sequence Diagram Laporan
Gambar
3.9 Sequence Diagram Laporan, menggambarkan apa yang terjadi disaat kasir
memilih
untuk
menampilkan Laporan.
Sequence Diagram Bantuan
Gambar
3.10 Sequence Diagram Bantuan, menampilkan apa yang terjadi disaat Kasir ingin
melihat
File Bantuan.
Diagram Kelas
Gambar
3.11 Diagram Kelas, menggambarkan Kelas apa saja yang ada pada Program
Tidak ada komentar:
Posting Komentar